Menpora Harap Insiden Suporter Indonesia Diusut Tuntas secara Adil dan Transparan

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya-Menpora Zainudin Amali meminta kepada Kementerian Sukan dan Belia Malaysia untuk mengusut secara tuntas tentang insiden dan kejadian yang dialami suporter Indonesia saat Malaysia menjamu Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (19/11) lalu. 

"Kami dari pemerintah meminta untuk mengusut secara tuntas tentang insiden dan kejadian yang dialami masyarakat Indonesia khususnya suporter Indonesia," ujar Menpora di halaman DPRD Provinsi Jatim, Surabaya, Jawa Timur , Sabtu (23/11) malam. 

Selanjutnya, pemerintah Indonesia juga meminta kepada Kementerian Sukan dan Belia Malaysia melakukan penegakan hukum yang transparan dan seadil-adilnya. "Kami juga meminta menteri Sukan dan Belia Malaysia meminta maaf dengan secara terbuka kepada masyarakat Indonesia meski sepertinya di sosial media sudah diberitakan sudah meminta maaf," ujarnya. 

"Sebaiknya karena kami mengirim surat secara resmi maka dijawab juga surat pemerintah Indonesia secara resmi pula dan urusan diplomatik menjadi bagian urusan dari Kementerian Luar Negeri ini menjadi penialain kita bagaimana cara bertetangga dengan baik karena kita sudah menunjukkan hal serupa," ujarnya. 

Menurut Menpora surat yang telah dilayangkan kepada Menteri Sukan dan Belia Malaysia menjadi surat protes dan bentuk kekecewaan. "Jika sudah meminta maaf pastinya akan kita maafkan tetapi insidennya tetap harus di usut dan jika ada pelanggaran hukum maka hukum harus ditegakkan dengan transparan dan adil, surat itu isinya tentang kekecewaan kita," tutur Menpora. (p/ab)